Kamu pernah mengalami cedera? Kalo pernah, apakah rasa sakit dari cedera tersebut membuat kamu sulit berolahraga? Kalo iya, berarti kamu perlu nih melakukan olahraga yang satu ini. Namanya pilates. Awalnya pilates diciptakan untuk pria dan atlet pada awal 1920-an, setelahnya orang-orang di seluruh dunia mulai merasakan manfaat seumur hidup dari pilates itu sendiri. Nah berikut ini adalah 4 alasan kenapa kamu harus cobain pilates!

1. Pilates adalah Kebugaran Seluruh Tubuh

cobain pilates

gambar: dokumentasi STRONGBEE

Nggak kayak bentuk olahraga lainnya, pilates berfokus pada kekuatan inti yang melatih tubuh sebagai satu kesatuan yang utuh. Latihan Pilates meningkatkan kekuatan dan perkembangan otot yang seimbang serta fleksibilitas dan meningkatkan rentang gerak untuk sendi. Hal ini juga yang jadi alasan kenapa pilates populer dalam skenario rehabilitasi, begitu pula dalam dunia atlet karena pilates adalah fondasi yang baik untuk segala jenis gerakan dilakukan.

2. Pilates Meningkatkan Fleksibilitas dan Kekuatan Otot Inti 

cobain pilates

gambar: dokumentasi STRONGBEE

Banyak orang yang berpendapat bahwa melatih otot inti sama dengan membentuk perut sixpack. Eh, jangan salah, menguatkan otot inti menjadi salah satu manfaat pilates yang paling dicari. Otot inti adalah serangkaian otot yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Otot inti terlibat dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia. Jadi perlu diingat bahwa otot inti yang lemah atau nggak fleksibel dapat mengganggu fungsi dan luas jangkauan gerak lengan dan kaki, serta bisa menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang kita buat. 

3. Pilates dapat Memperbaiki Postur Tubuh

cobain pilates

gambar: dokumentasi STRONGBEE

Postur tubuh yang baik memungkinkan kamu dapat bergerak dengan bebas. Tapi hal ini cuma bisa terjadi kalo didukung oleh inti tubuh yang kuat. Adanya postur tubuh yang buruk bisa membuat otot dan tulangmu nggak simetris. Hal ini bisa aja melukai dan mengganggu kerja organ vital seperti jantung dan paru. Bagi mereka yang mengalami skoliosis (struktur tulang belakang yang miring) juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena osteopenia (gangguan pada tulang akibat kehilangan kepadatannya). Nah, pilates bisa membantu menurunkan derajat kemiringan tulang belakang pada orang dengan skoliosis. Nggak cuma itu, gerakan-gerakan pilates pun mampu membantu mengendalikan keparahan gejala skoliosis, termasuk mengurangi nyeri akibat skoliosis.

4. Pilates Meningkatkan Energi

gambar: dokumentasi STRONGBEE

Kalo kamu sering ngerasa lemes karena nungguin kabar dia kehabisan energi, pilates merupakan olahraga yang cocok buat kamu. Pilates dapat memperlancar sirkulasi pernapasan dan menstimulasi tulang belakang serta otot. Nah kalo sirkulasi pernapasan lancar, otomatis suplai oksigen dalam tubuh juga meningkat. Dengan begitu energi dalam tubuh juga akan meningkat secara signifikan. 

Itulah 4 alasan kenapa kamu harus cobain pilates. Karena gerakannya nggak heboh dan nggak butuh alat banyak, kamu bisa melakukan pilates di rumah. Nggak perlu bingung gimana mempraktekkan gerakan yang benar, karena kamu tinggal booking aja personal trainer di aplikasi STRONGBEE buat ngajarin pilates. Selain 4 alasan di atas, sebenernya masih banyak banget alasan-alasan lainnya tapi kalo kebanyakan alasan, kapan olahraganya ya kan!

Leave a Reply