Kehidupan modern yang serba cepat sekarang ini bikin sulit buat menjaga keseimbangan nutrisi dalam makanan dan minuman yang kamu makan. Gula adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, kalo kekurangan gula bisa-bisa sel dalam tubuh mati. Tapi kalo kelebihan juga nggak baik. Yuk simak fakta-fakta tentang gula yang perlu kamu ketahui!

1. Konsumsi Gula Tambahan Harian

fakta tentang gula

gambar: independent.co.uk

Fakta tentang gula yang pertama adalah konsumsi gula tambahan harian untuk laki-laki nggak lebih dari 9 sendok teh gula (38 gram) per harinya, sementara perempuan nggak boleh lebih dari 6 sendok teh (25 gram). Kenapa gitu? Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan masalah kesehatan yang serius. Contohnya obesitas, diabetes tipe 2, meningkatkan tekanan pada jantung serta pembuluh darah, dan kerusakan pada gigi. 

2. Kandungan Gula dalam Buah-buahan

fakta tentang gula

gambar: wellandgood.com

Buah-buahan mengandung sejenis gula yang disebut fruktosa. Nah buah-buahan segar nggak memiliki tambahan gula, tetapi kadar gulanya berkisar dari 1 sendok teh per 100 gram dalam buah cranberry hingga 3 sendok teh dalam buah anggur. Perlu diingat nih, bahwa mengonsumsi buah adalah bagian dari diet sehat dan seimbang. Lagipula sampai saat ini gula dalam buah belum menunjukkan dampak buruk pada kesehatan.

3. Minuman Bersoda Mengadung Gula Sangat Tinggi 

fakta tentang gula

gambar: webqixhotel.xyz

Penyuka minuman bersoda siap-siap patah hati baca fakta tentang gula yang satu ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Circulation untuk American Health Association mengidentifikasikan bahwa dalam 1 kaleng Pepsi mengandung 41 gram gula. Semntara dalam 1 kaleng Fanta mengandung 44 gram gula. Jadi kalo kamu minum lebih dari 1 kaleng soda setiap harinya, akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Nggak mau kan? 🙁

4. Menyebabkan Hati Berlemak

gambar: carlisledigestive.com

Bukan, bukan hati kamu yang hampa itu tapi hati yang menghasilkan enzim dalam tubuhmu. Asupan fruktosa yang tinggi secara konsisten terkait sama peningkatan resiko perlemakan pada hati. Di hati, fruktosa diubah menjadi energi atau disimpan sebagai glikogen. Sayangnya, hati nggak bisa nyimpan terlalu banyak glikogen sebelum jumlah yang berlebih diubah menjadi lemak. Kalo udah begitu, kamu bisa terkena penyakit fatty liver

Jadi itulah 4 fakta tentang gula yang mungkin kamu udah tau, tapi kamu abaikan gitu aja. Bisa juga kamu berkreasi dengan membuat makanan tanpa gula tambahan. Biar kamu makin sehat!

Leave a Reply