Kerja seharian duduk di depan laptop nggak jarang bikin punggung jadi nyeri. Apalagi kalo kamu cuma menetap di satu posisi aja nggak bergerak atau pindah ke posisi lain, dijamin pas berdiri punggungmu pasti nyeri. Selain itu, ternyata ada lagi lho kebiasaan yang bikin punggung nyeri. Mungkin tanpa sadar pernah kamu lakukan juga, yuk disimak!

1. Malas Gerak

gambar: infoworld.com

Kebiasaan yang bikin punggung nyeri yang paling sering dilakukan setiap orang tentunya adalah malas gerak. Seperti yang udah disebutkan tadi, duduk dengan posisi yang cuma gitu-gitu aja kayak respon dia ke kamu bakalan bikin nyeri. Coba deh kalo kamu ngerasa udah duduk terlalu lama, kamu lakukan peregangan dulu sekitar 10 sampai 15 menit, gerakannya bisa dilihat di sini

2. Duduk Bungkuk Terlalu Lama

punggung nyeri

gambar: agein.com

Kebiasaan yang bikin punggung nyeri satu ini agak sulit nih dihindari, karena kalo udah capek otomatis tubuhmu nggak sadar duduk dalam posisi bungkuk. Tapi kalo kelamaan, ya efeknya bakalan bikin punggung jadi makin sakit. Kalo udah gini, kamu bisa beli bantal leher atau bantal untuk sandaran punggungmu biar nggak pegel-pegel banget. Kalo bantal nggak ngefek juga, kamu bisa beli korset untuk punggung guys!

3. Merokok

punggung nyeri

gambar: cnnindonesia.com

Nah, yang ini kayaknya agak mustahil buat diterima sama perokok berat ya. Merokok menghambat aliran darah dalam tubuh, kandungan nikotin dalam sebatang rokok tuh bisa mengentalkan darah. Makanya nutrisi, mineral, dan oksigen yang disebarkan melalui darah nggak bisa diserap banyak dan optimal oleh tubuh. Jadi nggak heran kalo punggungmu nyeri, ya kan kamu rajin ngerokok. Hehehe. 

4. Tas Berat

punggung nyeri

gambar: spineuniverse.com

Tekanan secara berulang pada tulang punggung dengan membawa tas berat setiap hari, bikin otot kamu mudah stres makanya jadi nyeri. Jadi coba jangan terlalu banyak bawa barang di dalam tasmu. Cukup barang-barang yang kamu butuhkan aja untuk di tempat kerja, beban hidup nggak usah dibawa. 

Masih banyak kebiasaan buruk lainnya yang bisa jadi penyebab punggung nyeri. Tapi coba hindari 4 hal yang udah disebutkan tadi, yang bisa aja sering kamu lakukan, tapi nggak sadar. Yuk mulai sekarang sadari kebiasaan buruk tersebut, terus pelan-pelan dihindari ya! Nggak usah buru-buru, nggak baik 😉

Leave a Reply