Siapa bilang olahraga di Jakarta cuma bisa dilakuin di gym? Jakarta yang seluas ini isinya nggak cuma gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, atau sarana kebugaran lho. Kalo kamu mau sedikit menghilangkan kemageranmu dan nyoba berkeliling kota, kamu akan nemuin taman-taman dengan fasilitas jogging track, kolam ikan dengan air yang bersih, pepohonan, bahkan koneksi wifi. Yuk simak berikut ini 4 taman di Jakarta yang cocok buat jogging!

1. Taman Menteng

taman di jakarta

gambar: tempatwisataseru.com

Taman yang berlokasi di Jakarta Pusat ini tadinya memang merupakan tempat olahraga orang-orang Belanda pada tahun 1921. Lalu sebelum dijadikan taman, tempat ini merupakan markas besar tim kesebelasan Persija. Setelah dialihfungsikan, saat ini taman menteng nggak cuma memiliki jogging track aja tetapi juga lapangan basket, futsal, rumah kaca, bahkan area bermain anak. 

2. Taman Suropati

taman di jakarta

gambar: backpackerjakarta.com

Masih di daerah Jakarta Pusat, Taman Suropati yang berdiri sejak tahun 1920 ini berlokasi di pertemuan tiga jalan antara lain Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol dan Jalan Teuku Umar. Taman Suropati nggak cuma menyediakan suasana sejuk bagi para pengunjung, tapi juga ngasih edukasi kepada pengunjung, misalnya tentang pengetahuan monumen yang ada di beberapa titik Taman Suropati. Fasilitas yang ada di taman ini juga banyak lho! Ada bangku-bangku panjang, pepohonan yang rindang, air mancur di dua sisi kanan dan jogging track.

3. Taman Cattleya

taman di jakarta

gambar: hariliburnasional.com

Beralih ke Jakarta Barat, ada Taman Cattleya yang juga nggak kalah seru buat dijadiin tempat jogging. Di Taman Cattleya tersedia pula fasilitas kesehatan dan kebugaran yang diberikan secara gratis lho! Berlokasi di perempatan Tomang menuju tol Kebon Jeruk, Taman Cattleya jauh banget dari hiruk pikuk jalanan Jakarta yang semrawut. Jadi taman ini bisa banget kamu jadikan pilihan untuk olahraga dengan tenang dan nyaman tanpa gangguan mantan keramaian.

4. Taman Tabebuya

taman di jakarta

gambar: limakaki.com

Dinamakan Taman Tabebuya karena di taman ini banyak ditumbuhi pohon Tabebuya yang mirip banget sama pohon sakura di Jepang. Luas taman yang mencapai 9.000 meter persegi tersebut, memudahkan pengunjung buat berekreasi, duduk-duduk sambil makan bekal, atau sekedar nikmatin pemandangan sekitar. Taman Tabebuya dilengkapi dengan fasilitas area parkir, jogging track, tempat olahraga dan masih banyak lagi.

Sebenernya banyak banget taman di Jakarta yang keren dan bisa kamu jadikan pilihan buat olahraga. Jadi kamu nggak perlu bingung mau milih gym yang mana buat olahraga, karena olahraga bisa dilakukan di mana aja. Apalagi kalo olahraga ringan yang nggak perlu bantuan alat. Selamat menjelajahi taman-taman di Jakarta!

Leave a Reply