Bagaimana cara mengurang berat badan atau mengurangi kalori yang tidak mahal? Tentunya selain dengan berolahraga, dengan makan makanan rumah yang sehat dan rendah kalori!

Diet tidak perlu mahal karena kamu bisa buat sendiri makan rendah kalori di rumah dengan beli bahan-bahan di pasar tradisional. Makanan apa saja yang cocok untuk diet? Simak artikel berikut!

1. Sayur Asam

(Foto: Instagram @menuseharihari)

Sayur asam atau sayur asem adalah makanan rumahan Indonesia yang mudah dibuat, enak, dan kalorinya rendah! Satu mangkok sayur asam hanya memiliki kalori sebesar 80 kalori. Sayur asam mudah dibuat di rumah dan bahannya pun terjangkau. Selain kalori yang rendah, sayur asem juga mengandung vitamin A, B, dan C!

2. Pepes Tahu

(Foto: resepkoki.id)

Saat diet, kita sering disarankan untuk menghindari makanan yang berminyak atau digoreng. Membuat pepes merupakan cara alternatif memasak yang enak dan tentunya tanpa minyak. Untuk membuat pepes tahu, kamu hanya butuh mengkukus selama 30 menit. Kalori yang terkandung dalam satu bungkus pepes tahu juga rendah, yaitu 63 kalori!

3. Tumis Kangkung

(Foto: endeus.tv)

Diet sehat tidak harus selalu dengan kale atau horenzo! Kangkung juga memberikan nutrisi  yang baik untuk tubuh, seperti zat besi dan kalsium. Tidak hanya itu, masakan tumis kangkung juga makanan yang lezat dan mengeyangkan walaupun setiap porsinya (100 gram) hanya mengandung 98 kalori!

4. Sayur Bening

(Foto: endeus.tv)

Sayur bening adalah makanan rumahan sederhana yang cocok untuk makan siangmu yang rendah kalori! Tentunya, sayur bening mengandung vitamin yang sehat karena menggunakan sayuran-sayuran sehat seperti bayam, wortel, dan jagung. Sayur bening adalah makanan yang cocok sekali untuk kamu yang sedang berdiet karena untuk 1 mangkok sayur bening, hanya terdapat 36 kalori!

5. Putu ayu

(Foto: Sajian Sedap)

Makanan Indonesia ternyata sangat cocok untuk diet karena tidak hanya menu utamanya yang rendah kalori, tapi beberapa camilan khas Indonesia juga rendah kalori! Salah satu camilan rendah kalori ini adalah kue putu ayu. Jajanan pasar khas Indoesia ini hanya mengandung 26 kalori tiap buahnya. Yuk, kita belanja makanan dan camilan diet kita ke pasar!

 

Leave a Reply