Satu lagi gerakan olahraga yang nyebelin yaitu plank. Kenapa nyebelin? Karena ngelakuinnya nggak mudah! Tapi sebentar dulu, gerakan plank punya segudang manfaat yang kamu nggak boleh lewatkan. Apalagi kalo kamu pengen perutmu makin kenceng. Coba nih simak dulu variasi gerakan plank yang bisa kamu coba. Lagian kan kamu tau, yang nggak mudah itu seringnya menantang dan bikin penasaran 😉

1. Elbow Plank

gambar: popsugar.com

Elbow plank merupakan variasi gerakan plank yang bisa dibilang cukup sulit. Kenapa? Karena kamu harus mempertahankan posisi tubuh yang datar, nggak melengkung ke atas maupun bawah. Gerakan elbow plank ini bertumpu sama lengan bagian bawah, dan posisi bahu kamu harus sejajar dengan tumit.

2. Single Arm Plank

gambar: popsugar.com

Nggak cuma status di ktp, gerakan plank juga ada yang single. Loh, nggak gitu! Oke, jadi variasi gerakan plank yang satu ini bisa dilakukan buat melanjutkan gerakan elbow plank tadi. Caranya kamu harus mengangkat satu tanganmu ke atas dan tetap harus menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan gerakan ini pada tangan kanan dan kiri ya! 

3. Side Plank

variasi gerakan plank

gambar: popsugar.com

Ini nih variasi gerakan plank yang nggak cuma bagus buat otot perut, tapi juga buat tulang belakang. Terutama buat kamu yang sering nyeri punggung, bisa cobain! Ketika kamu melakukan gerakan side plank, otot perut samping juga akan bekerja untuk membantu menstabilkan pinggul dan bahu, yang membantu tubuh kamu tetap sejajar guys!

4. Extended Plank

variasi gerakan plank

gambar: madbarz.com

Gerakan ini sebenernya sama aja dengan gerakan standard plank, hanya saja tubuh kamu harus membentuk garis lurus dari kepala sampai pergelangan kaki. Jangan lupa kencangkan perutmu, seakan-akan kamu mau ditinju di bagian usus.

5. Reverse Plank

variasi gerakan plank

gambar: stack.com

Sebenernya gerakan ini sama aja dengan gerakan plank pada umumnya yang pasti pernah kamu lakukan. Hanya berbeda di posisi tangan, dan tubuh kamu harus dalam posisi lurus menghadap ke atas. Angkat tubuh kamu perlahan ya!

Itulah 5 variasi gerakan plank yang bisa kamu jadikan tambahan dalam porsi latihanmu setiap hari. Lagian kalo gerakannya cuma standard plank melulu kan bosen juga, ya!

Leave a Reply