Menstruasi pada perempuan seringkali disertai dengan efek nggak nyaman dan menyakitkan. Umumnya nyeri haid meliputi kram atau nyeri perut bagian bawah, nyeri di punggung bawah, paha bagian dalam terasa ditarik, diare, mual, muntah, sakit kepala, dan pusing. Banyak banget kan tuh! Makanya penting untuk memahami bagaimana mengobati rasa sakit tersebut supaya nggak sampai menganggu aktivitas kamu.

Alih-alih melakukan pengobatan sendiri, mencoba minuman atau obat penghilang nyeri namun justru berakhir menjadi semakin sakit, mendingan kamu cobain yoga untuk menenangkan rasa sakit saat menstruasi.

Ada beberapa gerakan yoga yang dapat redakan nyeri haid. Gerakan-gerakan ini merupakan bagian dari Yoga Yin; berhubungan dengan sensasi tubuh dan pikiran. Berikut adalah 6 pose yoga untuk meredakan kram menstruasi dan tentunya membantu menenangkan pikiran kamu.

1. Balasana (Child Pose)

nyeri haidGerakan Balasana mirip seperti gerakan sujud namun dengan posisi punggung, telapak kaki, dan lengan yang berbeda. Dipercaya dapat mengatasi nyeri pinggang serta mengencangkan otot-otot dan sendi, sehingga merupakan gerakan yang tepat buat kamu yang menderita nyeri haid. Kamu bisa mencoba gerakan yoga ini dengan memulainya dari posisi berlutut dengan kedua lutut sedikit melebar, tidak bersentuhan. Setelah itu, coba merangkak ke depan dengan posisi lengan lurus. Kemudian, pertahankan posisi ini dengan kening menyentuh lantai selama beberapa tarikan napas.

Fokus pada tarikan napas panjang dan perhatikan naik turunnya nafas di dalam tubuh. Kamu juga bisa meletakkan guling atau bantal di bawah batang tubuh agar lebih nyaman dan kondusif untuk menahan gerakan tersebut lebih lama.

2. Uttanasana (Standing Forward Bend)

nyeri haidGerakan yoga yang dapat redakan nyeri haid berikutnya adalah gerakan Uttanasana. Caranya dengan memegang siku yang berlawanan pada pose dan lepaskan otot leher untuk melepas ketegangan pada tubuh. Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan pinggul juga membantu meringankan rasa sakit yang menjalar ke kaki dan sekitar punggung. Meskipun seringkali tubuhmu kelelahan saat menstruasi, penting lho untuk membiasakan berdiri dan membungkuk setelah duduk atau berbaring dalam waktu yang lama. Dengan begitu peredaran darah akan lancar!

 

3. Apanasana (Knee-to-Chest)

Gerakan yoga yang juga terbukti efektif untuk meredakan nyeri haid adalah gerakan Apanasana. Gerakan ini bermanfaat untuk membuat otot punggung dan perut bagian bawah terasa rileks, meredakan ketegangan dan mengurangi rasa sakit. Selain itu dapat juga bermanfaat untuk mengurangi kecemasan lho!

 

 

4. Supta Matsyendrasana (Supine Spinal Twist)

Gerakan ini diyakini untuk merangsang, mendetoksifikasi, dan menyegarkan organ dalam dengan “meremas” tubuh. Melakukan gerakan ini selama beberapa menit sambil mengatur nafas akan membantu meringankan saraf selama menstruasi, serta nyeri perut yang menyertainya. Kamu bisa meletakkan lututmu di atas guling atau bantal kalo kamu kesulitan untuk melakukan gerakannya.

5. Marjaryasana/Bitilasana (Cat/Cow)

nyeri haidGerakan yoga berikutnya menggabungkan antara pose kucing (Marjaryasana) dan pose sapi (Bitilasana). Untuk gerakan kucing (Marjaryasana), kamu bisa mempraktekkannya mulai dari berdiri dengan tumpuan lutut. Lalu, menundukkan badan dan jadikan kedua tangan sebagai tumpuan. Rilekskan kepalamu dengan menghadap ke lantai. Posisikan tangan dan lutut sejajar selebar bahu. Pastikan kaki bagian bawah tetap lurus. Nah untuk gerakan sapi (Bitilasana), busungkan dadamu, angkat bahu dan kepala hingga kamu menghadap ke langit sambil menarik napas, dan tahan tangan dan kaki di posisi yang sama. Tahan beberapa saat, lalu kembali lagi ke gerakan kucing sambil menghembuskan napas. Tarikan napas yang dalam akan memberi efek pijatan pada organ perut. Gerakan ini mampu membawa aliran darah yang segar ke sel epithelial (sel yang menunjang kesehatan pencernaan). Gerakan tersebut juga akan membantu koordinasi dan keseimbangan emosional yang dapat berubah-ubah selama siklus menstruasi.

6. Shavasana (Dead Body)

nyeri haidGerakan yang terakhir adalah gerakan Shavasana atau Dead Body. Seperti namanya, kamu hanya perlu berbaring dan diam seperti orang mati, tetapi fokus megalihkan pikiranmu dari rasa sakit pada tubuh. Gerakan ini sebenarnya sangat sederhana, namun banyak orang yang nggak sabar mengikuti prosesnya karena harus berdiam diri cukup lama. Biasanya karena ingin cepet-cepet selesai jadi nggak fokus melakukan gerakan Shavasana.

Itulah 6 gerakan yoga yang dapat membantu untuk meredakan nyeri haid. Bisa dengan mudah kamu coba sendiri di rumah, jadi nggak perlu lagi uring-uringan ketika datang bulan. Kalo kamu males ngelakuin gerakannya sendirian, kamu bisa book trainer di aplikasi STRONGBEE. Ohiya, inget juga nih, kamu jangan asal-asalan mencoba minuman atau obat penghilang rasa nyeri. Efeknya bisa berbahaya lho!

Download for iOS    Download for Android

3 Comments

  • you are truly a excellent webmaster. The web site loading velocity is amazing.
    It kind of feels that you’re doing any unique trick. Also, The contents are
    masterwork. you’ve performed a wonderful task in this topic!

  • Avatar capsa susun says:

    I couldn’t refrain from commenting. Very well written!

  • Hi, yup this post is really fastidious and I have learned llot of things from it about blogging.

    thanks.

Leave a Reply