Cemas adalah perasaan yang wajar dan pasti dialami setiap orang apalagi kalo lagi mengalami kejadian yang nggak enak. Tapi kalo rasa cemas yang berlebihan dan datang tiba-tiba tanpa alasan jelas, bisa jadi kamu terkena gangguan kecemasan. Coba kamu inget lagi, pernah nggak kamu mengalami hal itu? Semoga nggak, ya. Kalo pernah, kamu bisa lho mengonsumsi makanan sehat buat minimalisir rasa cemas berikut ini:

1. Salmon

makanan sehat rasa cemas

gambar: greatbritishchefs.com

Makanan sehat yang satu ini udah nggak diragukan lagi khasiatnya. Kamu tau nggak ternyata ikan salmon tuh mengandung asam lemak yang memiliki hubungan kuat dengan fungsi kognitif serta kesehatan mental. Selain itu salmon diperkaya vitamin D yang mampu mengurangi perasaan cemas. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Nutrition and Seafood Research, seorang pria yang makan salmon Atlantik tiga kali seminggu selama lima bulan melaporkan lebih sedikit merasakan kecemasan dibandingkan mereka yang makan ayam, babi atau sapi. 

2. Chamomile

makanan sehat rasa cemas

gambar: medicalnewstoday.com

Ketika kamu ngerasa cemas entah karena masalah tertentu atau tiba-tiba aja, coba deh bayangin kamu lagi duduk di taman yang banyak bunganya terus sambil minum teh hangat. Sedikit banyak, kamu akan ngerasa tenang. Nah walaupun hal kayak gitu tergolong efek plasebo, tapi minum racikan chamomile ketika ngerasa cemas memang bisa membantu mengurangi perasaan cemas tersebut. Karena chamomile mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi terbukti mengurangi peradangan, yang dapat mengurangi risiko kecemasan. Kamu bisa meraciknya pakai teh, atau air hangat aja. 

3. Dark Chocolate

makanan sehat rasa cemas

gambar: madecasse.com

Makanan yang satu ini pasti nggak asing buat kamu yang punya program diet. Nah selain berfungsi untuk diet, cokelat hitam mengandung flavonol, yang merupakan antioksidan yang bermanfaat bagi fungsi otak. Cokelat hitam bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah ke otak dan mempromosikan kemampuannya untuk beradaptasi dengan situasi yang membuat stres. Tapi inget, makan cokelatnya jangan sambil kepoin Instagram mantan kamu. Nanti kalo nggak sengaja double tap eh kamu malah deg-degan, nggak ngefek dong cokelatnya. 

4. Yogurt

gambar: splendidtable.org

Dalam jurnal kesehatan yang diterbitkan sama Preventive Nutrition and Food Science menunjukkan bahwa makanan probiotik seperti yogurt mampu meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak. Yogurt menghambat radikal bebas dan neurotoksin, yang dapat merusak jaringan saraf di otak dan menyebabkan kecemasan.

5. Green Tea 

makanan sehat rasa cemas

gambar: healthline.com

Teh hijau atau green tea mengandung L-theanine, yaitu asam amino yang berkhasiat menimbulkan efek positif terhadap kesehatan otak dan meminimalisir kecemasan. Dalam sebuah penelitian kecil oleh Food Quality and Design Group, Universitas Wageningen menemukan bahwa orang yang mengonsumsi L-theanine mengalami pengurangan respons stres psikologis yang umumnya dikaitkan dengan kecemasan, seperti peningkatan detak jantung. Terus nih minum tehnya sambil dengerin musik klasik, atur nafas setenang mungkin, dijamin kamu akan ngerasa tenang.

6. Blueberry

gambar: foodrevolution.org

Makanan sehat yang juga ampuh untuk mengurangi rasa cemas ini masuk dalam kelompok buah berry dan tumbuh di daerah subtropis. Buah blueberry menawarkan begitu banyak manfaat gizi, termasuk meminimalisir kecemasan. Blueberry kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu mengatur dan mencegah lonjakan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon stres dan ketika kortisol tinggi, respons kecemasan kamu akan meningkat.

Makanan sehat tersebut di atas bisa kamu temukan dengan mudah di supermarket, jadi kamu nggak perlu repot-repot nyari ke sana sini. Selain 6 makanan sehat tersebut, masih banyak lagi makanan sehat lain yang mampu mengurangi rasa cemas. Nah kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan nutritionist di aplikasi STRONGBEE!

 

Download for iOS  Download for Android

Leave a Reply