Beberapa waktu lalu, saya mendengar curhatan dari seorang ibu yang baru saja melahirkan anak pertamanya. Dia bercerita, kalau dia merasa sulit beraktivitas karena ototnya yang terasa lemas pasca melahirkan. Rasa empati saya muncul ketika dia bercerita bahwa dia bahkan harus mengorbankan beberapa pekerjaan dan hobinya, karena tubuhnya nggak sekuat sebelum dia melahirkan.

Cerita ibu tadi bikin rasa penasaran saya semakin tinggi atas isu ini, apa sesulit itukah mengembalikan kinerja otot pasca melahirkan? Kalo iya, gawat dong! Melahirkan bisa jadi momok yang menakutkan untuk para calon ibu. Gimana enggak? Kan sedih juga kalau harus mengorbankan aktivitas rutin seperti pekerjaan dan hobi, hanya karena otot tubuh yang nggak lagi bekerja dengan baik.

Tapi sebentar dulu, sulit bukan berarti nggak mungkin kan?

Pada dasarnya otot adalah jaringan tubuh yang elastis. Dengan kata lain otot dapat mengeras dan dapat pula mengendur kalo nggak terus menerus dilatih. Jadi seharusnya permasalahan ibu tadi hanya perlu disiasati dengan melatih ototnya lagi.

Sebagai seorang perempuan dan karena rasa penasaran saya yang cukup tinggi, pada akhirnya saya melakukan beberapa pencarian di Internet dan bertanya ke orang-orang yang sudah berpengalaman dalam hal ini, ternyata pada umumnya pasca melahirkan perempuan akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Selain berat badan meningkat, kulit menjadi kendur, otot perut juga melebar. Saya menemukan bahwa ternyata ada lho olahraga yang efektif membangkitkan kinerja otot pasca melahirkan, salah satunya adalah pilates.

Pilates adalah bentuk latihan yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh melalui berbagai gerakan peregangan dan keseimbangan. Dari sekian banyak manfaat pilates, salah satu manfaat yang saya rasa sangat cocok untuk si ibu adalah meningkatkan kekuatan otot perut. Otot perut adalah salah satu bagian otot yang terlatih dengan baik saat melakukan pilates, termasuk otot bagian tengah tubuh seperti punggung dan dasar panggul. Meningkatnya kekuatan otot bagian tengah tubuh dapat melatih keseimbangan, kekuatan dan juga memperbaiki postur tubuh. Nah manfaat tersebut dapat menjadi solusi untuk para ibu yang baru saja melahirkan.

Tapi kalo harus meluangkan waktu pergi ke tempat olahraga untuk melakukan pilates, repot juga. Apalagi nggak mungkin kan meninggalkan anak bayi sendirian di rumah. Saya menemukan ternyata ada lho aplikasi yang menawarkan untuk memanggil trainer ke rumah, STRONGBEE namanya. Jadi olahraga bisa dilakukan tanpa khawatir meninggalkan anak, atau repot membawa anaknya ke tempat olahraga. Setelah mendapatkan informasi ini, saya bergegas untuk memberitahu ibu tersebut untuk mencoba pilates agar kembali sehat dan kuat.

Akhirnya si ibu pun mencoba menggunakan aplikasi STRONGBEE dan berlatih pilates dengan memanggil trainer ke rumah. Alhasil setelah 1 bulan rutin mengikuti pilates, dia dapat kembali melakukan aktivitas rutinnya dan nggak ngerasa lemes lagi. Saya bersyukur banget karena si ibu jadi kembali sehat dan kuat setelah ikut pilates dengan STRONGBEE. Jadi untuk para calon ibu yang akan segera melahirkan, nggak usah takut harus mengorbankan aktivitas rutinmu pasca melahirkan. Karena pilates efektif membantumu membangkitkan kembali kinerja otot.

Leave a Reply