Mengapa fleksibilitas penting?

Fleksibilitas tidak hanya baik untuk mereka yang melakukan olahraga tertentu. Dengan tubuh yang fleksibel atau tubuh yang lentur, kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan lebih leluasa dan memperendah kemungkinan cedera. Tubuh yang fleksibel atau rutin melakukan stretching akan lebih mampu mengangkat beban berat tanpa mengalami sakit atau cedera.

Bagaimana cara melatih fleksibilitas?

Fleksibilitas terlatih setiap kita melakukan gerakan-gerakan peregangan atau stretching. Gerakan-gerakan ini banyak ditemukan di olahraga-olahraga tertentu, salah satunya adalah olahraga-olahraga ini!

1. Yoga

Dalam hal melatih fleksibilitas, yoga adalah olahraga yang paling populer. Gerakan-gerakan atau pose yoga melatih tubuh untuk bergerak melampaui ruang gerak kamu biasanya. Pada setiap latihan yoga, kamu ditantang untuk memperdalam gerakanmu agar jangkauan gerakmu makin jauh. Selain itu, yoga juga mengajarkan teknik pernapasan yang membantu tubuh untuk terkondisikan dan stabil selama melakukan peregangan.

2. Pilates

Pilates adalah olahraga yang baik untuk melatih serta membentuk tubuh. Pilates adalah olahraga yang terinspirasi oleh yoga sehingga beberapa gerakan peregangan yoga juga akan kamu temukan di Pilates. Olahraga ini berfokus pada pembentukan otot inti (core muscles) serta tulang belakang (spine). Berlatih Pilates membantu mengasah gerak tubuh yang teratur sehingga kita mampu melakukan gerakan-gerakan yang menantang dan menghindari cedera.

3. Balet

Balet adalah tarian klasik yang memberi tekanan pada fleksibilitas dan keseimbangan. Dengan melatih postur dan gerakan-gerakan yang mengalir dengan anggun, tubuh kita terlatih untuk bergerak dengan lebih leluasa dan mampu melakukan gerakan-gerakan yang lebih menantang. Tidak hanya untuk anak-anak, balet juga dapat dilakukan oleh orang dewasa untuk mengasah gerak tubuh.

 

Leave a Reply