Kamu tentu tahu bahwa perairan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia, sehingga merawatnya pun merupakan tantangan sekaligus tanggung jawab besar. Tidak terhitung berapa banyak hewan laut mati mengenaskan dengan setumpuk sampah dalam perut mereka. Terlebih lagi jumlah terumbu karang yang rusak, pembangunan di wilayah pesisir, dan faktor lain yang turut mendukung rusaknya ekosistem perairan Indonesia. 

Banyak cara-cara sederhana untuk memulihkan kembali ekosistem perairan Indonesia, seperti mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, mendukung program ramah lingkungan dan membantu membersihkan langsung sampah-sampah di laut. Sayangnya, kegiatan padat setiap harinya menjadikan sebagian kalangan masyarakat sulit untuk terjun langsung membersihkan sampah di laut. Tapi nggak perlu khawatir, kali ini STRONGBEE bekerjasama dengan CarbonEthics, sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengatasi masalah perubahan iklim dengan cara edukasi tentang lingkungan dan memberikan solusi penyeimbangan karbon melalui program Blue Carbon. 

Apa Itu Blue Carbon?

blue carbon

gambar: conservation.org

Blue Carbon adalah karbon yang disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir seperti hutan bakau (mangrove), padang lamun (seagrass) dan rumput laut (seaweed). Ekosistem tersebut dapat menyimpan hingga 10 kali hutan terestrial, sehingga ketiganya memiliki peran penting dalam mengatasi krisis iklim. Sayangnya, ekosistem ini diperkirakan memiliki tingkat kerusakan tertinggi di antara ekosistem lainnya di bumi. Secara global, kita telah kehilangan hingga setengah hutan bakau di dunia sejak tahun 1940-an dan lamun sejak tahun 1990 terutama karena aktivitas manusia (Conservation International, 2019). 

 blue carbon           blue carbon

Program Blue Carbon oleh CarbonEthics memungkinkan kamu untuk mengimbangi 50 kg karbon yang telah kamu produksi setiap harinya. Caranya yaitu dengan melakukan transaksi dalam aplikasi STRONGBEE, secara otomatis kamu sudah berperan dalam membantu berperan dalam memulihkan ekosistem perairan! 

Selain itu kamu juga dapat membeli langsung paket Blue Carbon di aplikasi STRONGBEE seharga 50k, yang didalamnya sudah termasuk 1 pohon mangrove, 1 bibit rumput laut, 1 kg rumput laut, dan 1 bibit terumbu karang yang akan ditanam oleh mitra petani CarbonEthics di Kepulauan Seribu, Jakarta. Jadi kamu nggak perlu bingung gimana caranya untuk turut serta membantu menyelamatkan bumi.

Buy Blue Carbon Package

Leave a Reply