Coba kamu inget-inget lagi berapa kali dalam satu minggu, di malam hari kamu kesulitan untuk tidur? Bolak-balik cuma megangin hp yang ternyata lebih sepi dari kuburan. Udah cari posisi yang nyaman buat tidur tapi susah. Tiba-tiba ayam udah berkokok, dan para dayang-dayang udah menumbuk padi. Iya, maksudnya udah pagi! Kalo sulit tidur kayak gitu terjadi berulang kali, itu berarti kamu terkena insomnia.  

Umumnya insomnia disertai dengan gejala-gejala seperti kelelahan, sulit konsentrasi, merasa nggak ada energi, dan perubahan suasana hati. Terdapat beberapa jenis insomnia yaitu insomnia primer, yang terjadi dengan sendirinya. Kemudian insomnia sekunder, yang biasanya merupakan indikasi dari penyakit yang serius. Lalu ada juga insomnia akut dan insomnia kronis. 

Kalo udah sampai di tahap kronis, sih kamu dianjurkan untuk pergi ke dokter. Tapi kalo pergi ke dokter, selain kamu harus mengeluarkan biaya yang mahal, kamu bisa aja diharuskan mengonsumsi obat untuk jangka waktu tertentu. Kan nggak enak ya? Maka dari itu, STRONGBEE punya alternatif lain untuk membantu kamu hilangkan insomnia yaitu dengan melakukan yoga. Hah? Emang bisa? 

Gimana Cara Yoga Bisa Hilangkan Insomnia?

Yoga berhubungan dengan pernapasan dan setiap bagian tubuh. Gerakan pada yoga memiliki efek menenangkan yang mendalam. Tuh, nggak cuma perasaan kamu ke dia aja yang mendalam, gerakan yoga juga! Ada beberapa gerakan yoga yang bisa menghilangkan insomnia dan dapat dengan mudah kamu coba sendiri di rumah. Tentunya tanpa harus mengeluarkan biaya apapun!

1. Uttanasana

hilangkan insomniaGerakan ini disebut juga Padahasthasana bermanfaat memberikan peregangan pada otot punggung dan leher. Selain itu, gerakan ini juga membantu merangsang sistem saraf dan meningkatkan suplai darah. Lancarnya sirkulasi darah dan rileksnya otot sangat berguna untuk memerangi insomnia.

2. Marjariasana

hilangkan insomniaGerakan Marjariasana adalah gerakan merangkak sampai punggung kamu lurus seperti membentuk bagian atas meja. Kaki dan tangan kamu juga kayak kaki meja ya. Manfaat gerakan ini adalah untuk meregangkan, menguatkan serta menambah fleksibilitas tulang belakang. Posisi yang seperti meja tersebut membantu “memijat” organ perut sehingga membantu memperlancar pencernaan. Ketika kamu melakukan gerakan ini, sirkulasi darah serta suplai oksigen juga akan meningkat bikin kamu bisa tidur nyenyak! Bye bye masa lalu insomnia!

3. Baddha Konasana

hilangkan insomniaDisebut juga Butterfly Pose, gerakan Baddha Konasana bermanfaat meregangkan otot lutut, pangkal paha, dan paha bagian dalam. Gerakan ini efektif membuat kamu rileks sepenuhnya. Rasa lelah kamu yang berdiri berjam-jam di dalam krl atau bus bakal berkurang dengan melakukan gerakan ini. 

4. Viparita Karani

Gerakan yang nama lainnya Legs Up The Wall ini dikenal dapat menghilangkan rasa sesak dan mengurangi kecemasan. Mengangkat kaki ke tembok membantu sirkulasi darah yang bisa aja cuma numpuk di kaki kamu. Kalo sirkulasi darah dengan lancar mengalir ke otak, otomatis kamu nggak akan mudah sakit kepala. Pikiranmu jadi tenang dan tentunya kamu jadi bisa tidur.

5. Balasana

Gerakan yang juga disebut child pose ini dapat membantu melepaskan ketegangan di dada, punggung, dan bahu. Gerakan ini sangat dianjurkan, terutama kalo kamu mengalami pusing atau kelelahan sepanjang hari. Selain itu gerakan ini juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Nah itulah 5 gerakan yoga yang bisa bantu kamu hilangkan insomnia. Cobain dulu siapa tau tubuh dan pikiran kamu jadi lebih rileks, jadi nggak ada lagi tuh kesulitan buat tidur. Inget lho, ketahui dengan baik kondisi tubuh kamu. Selamat yoga!

Leave a Reply