Kenapa sih Zumba dan Strong Nation banyak diminati? Ternyata dua olahraga ini banyak manfaatnya buat tubuh kamu mulai dari membakar kalori hingga membuat kulit tampak lebih muda. Coba simak 5 fakta ini sebelum ikut kelas Zumba atau Strong Nation!

1. Zumba dan Strong Nation bisa membakar hingga 1.000 kalori

Latihan Zumba selama 45 menit hingga 1 jam bisa membakar 300 hingga 900 kalori! Ini tergantung seberapa besar tenaga yang kamu berikan saat latihan Zumba. Sedangkan latihan Strong Nation yang biasanya lebih intens bisa membakar sekitar 600 hingga 1.000 kalori. Jika kamu ingin olahraga untuk mengurangi berat badan, kamu bisa melakukan Zumba atau Strong Nation hingga tiga kali seminggu untuk mencapai target berat badanmu!

2. Zumba dan Strong Nation tergolong HIIT (High Intensity Interval Training)

Walaupun tidak secara langsung terlihat seperti latihan HIIT, Zumba dan Strong Nation termasuk olahraga HIIT. Keduanya menggunakan lagu dengan irama yang bergantian antara lagu cepat untuk gerakan dengan intensitas lebih tinggi dan lagu lebih pelan untuk gerakan berintensitas lebih rendah.

3. Musik dalam latihan Zumba dan Strong Nation mengurangi rasa lelah

Perbedaan Zumba dan Strong Nation dari latihan HIIT lainnya adalah penggunaan lagu yang mengiringi tiap gerakan. Iringan musik yang sinkron dengan gerakan Zumba dan Strong Nation membantu kita mengatur energi dengan efisien sekaligus mencegah rasa lelah dengan membangun mood yang baik.

4. Seberapa sering Zumba dan Strong Nation bisa dilakukan?

Jika kamu ingin mengurangi berat badan, kamu bisa melakukan olahraga ini 3 sampai 5 kali. Namun, ini tergantung pada kondisi tubuh dan jenis latihan yang kamu lakukan. Strong Nation yang cenderung lebih berat disarankan untuk dilakukan sekitar 3 kali saja dalam seminggu. Kamu dapat konsultasikan dengan pelatih pribadi ataupun ahli lainnya di bidang terkait sebelum melakukan olahraga berintensitas tinggi.

5. Zumba dan Strong Nation bisa mencegah penuaan

Sebagai olahraga dengan gerakan berintensitas tinggi, Zumba dan Strong Nation dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan yang membantu proses rejuvenation. Hormon bernama myokines yang menambah elastisitas kulit hingga membantu kamu dapat tampil lebih muda.

Leave a Reply