Sekarang ini banyak banget istilah dalam dunia olahraga. Mulai dari High Intensity Interval Training atau biasa disebut HIIT, Sprint Interval Training, dan Functional Training. Nah kali ini STRONGBEE nggak akan bahas semuanya karena tentang HIIT udah pernah dibahas di artikel ini. Jadi kita bahas dulu mengenai Functional Training ya!

Apa itu Functional Training? 

gambar: townplacefitnessgym.com

Functional Training mungkin terlihat seperti jenis olahraga baru, padahal pelatihan ini adalah salah satu jenis pelatihan tertua dan paling umum lho! FT dimulai dalam bidang rehabilitasi fisik dan diciptakan oleh para terapis untuk meningkatkan pemulihan pasien pasca cedera. FT melatih otot untuk bekerja sama dengan cara mensimulasikan gerakan umum yang pastinya bisa kamu lakukan di rumah atau di tempat kerja. 

Apa Manfaatnya?

functional training

gambar: mountainsidefitness.com

Pelatihan ini cenderung menggunakan banyak gerakan sendi dan otot. Sebagai contoh, alih-alih cuma menggerakkan siku, pelatihan ini melibatkan gerakan siku, bahu, tulang belakang, pinggul, lutut dan pergelangan kaki. Nah, jenis pelatihan seperti ini kalo diterapkan dengan benar, bisa membuat kegiatan sehari-hari kamu jadi lebih mudah. Maksudnya bukan mempermudah beban hidup ya, berat juga sih kalo beban hidup, tapi membantu mengurangi risiko cedera. Hehehe. 

Jadi akan sangat bermanfaat bagi kamu yang mau meningkatkan keseimbangan, ketangkasan dan kekuatan otot, serta mengurangi risiko jatuh hati.

Gerakannya Apaan Aja, Tuh?

Ada banyak gerakan dalam pelatihan ini yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Beberapa diantaranya adalah: 

One Leg Dumbbell Row

functional training

gambar: msn.com

Foam Roller Fly

gambar: weightwatchers.com

Foam Roller Press

gambar: blog.voltathletics.com

Pull-Up

gambar: quickanddirtytips.com

Plank

gambar: weightwatchers.com

Functional Training Cocok Buat Siapa?

functional training

gambar: aerobis.com

Kalo kamu jarang berolahraga atau bahkan nggak pernah berolahraga sebelumnya, ada baiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memulai program olahraga yang baru. Sebelum bener-bener memulai pelatihan ini, kamu bisa memulai dengan latihan berat badan terlebih dahulu. Jadi ketika kamu merasa udah lebih fit dan siap untuk mencoba lebih banyak tantangan, baru deh tuh kamu cobain Functional Training. Gimana? Tertarik untuk mencoba? Yuk booking kelasnya di aplikasi STRONGBEE!

Leave a Reply