Otot pinggul adalah salah satu bagian tubuh yang sebagian besar dari kita nggak benar-benar memikirkannya. Kayak ada dan tiada gitu lho, kan sedih yes! Giliran udah nyeri baru deh dianggap keberadaannya. Terutama ketika udah seharian duduk aja kerja di depan laptop. Sayangnya, walaupun udah melakukan stretching sambil kerja tapi tetep nggak cukup. Maka dari itu kamu perlu nih memperkuat otot pinggul dengan beberapa gerakan di bawah ini!

1. Squat Jump

gambar: www.healthtwig.com

Squat jump adalah salah satu latihan fisik yang terdiri atas dua gerakan, yaitu jongkok dan melompat. Biasanya latihan ini dilakukan sebagai bagian dari gerakan pemanasan. Berdasarkan data dari situs healthmeup.com, gerakan ini bisa membakar kalori di area paha, betis, dan pinggul. Melakukan squat jump selama 15 menit bisa bantu membakar sekitar 200 kalori dalam tubuh dan meningkatkan massa otot. 

 2. Kettlebell Swings

otot pinggul

gambar: www.theboxmag.com

Kettlebell merupakan alat olahraga klasik yang akhir-akhir ini popularitasnya makin meningkat. Nggak seperti dumbbell, kettlebell mampu melatih banyak otot dalam satu gerakan. Dengan satu gerakan yang tepat, contohnya gerakan kettlebell swings kamu sudah melatih seluruh otot tangan, mulai dari otot telapak, lengan, sampai dengan bisep dan trisep. Nggak cuma itu, paha, baik paha belakang maupun depan, juga akan terlatih dengan sempurna.

3. Side Plank

otot pinggul

gambar: www.womenshealthmag.com

Nggak cuma menguatkan otot perut, gerakan side plank juga menguatkan semua otot-otot tubuh, termasuk pinggul dan tulang punggung.  Itulah yang membuat side plank sangat aman untuk semua orang, bahkan buat yang mengalami cedera punggung atau cakram. Sementara banyak latihan yang melibatkan gerakan menekuk tulang belakang dan menekan punggung bagian bawah atau leher, side plank justru tidak akan memberikan risiko buruk seperti itu.

4. Lunge

otot pinggul

gambar: www.popsugar.com

Lunge merupakan latihan unilateral, yaitu melatih salah satu sisi tubuh secara independen. Dengan melatih satu sisi tubuh pada satu waktu, sangat baik buat keseimbangan dan koordinasi tubuh. Dengan melakukan teknik lunges, kamu akan dipaksa untuk menarik otot flexor pinggul, yaitu otot yang menekuk kaki pada pinggul. Otot ini sering tegang terutama yang aktivitas sehari-harinya cuma duduk dalam waktu yang lama. Gerakan lunges dapat mengaktifkan otot ini kembali dan tentunya mengurangi pegal pada pinggul maupun pinggang.

Keempat gerakan tersebut harus kamu lakukan dengan rutin kalo mau otot pinggulmu kenceng. Yaiya dong, percuma kalo kamu nggak rutin ngelakuinnya, ototnya bakalan tetep loyo aja~

Leave a Reply