Pilates adalah salah satu olahraga berbentuk low-impact yang menargetkan kekuatan otot, memperbaiki postur, dan meningkatkan fleksibilitas. Pilates juga sering dikenal sebagai olahraga yang membantu program diet karena membentuk tubuh dan membakar kalori tanpa menguras banyak keringat. Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang akan terbentuk dengan berlatih Pilates:

1. Otot perut
Otot perut terlatih dengan baik saat melakukan latihan pilates, termasuk otot bagian tengah tubuh (core) yang lain seperti punggung dan dasar panggul. Meningkatnya kekuatan otot bagian tengah (core) tubuh dapat membentuk bagian perut, meningkatkan keseimbangan, meningkatkan kekuatan saat melakukan olahraga lain, dan memperbaiki postur tubuh.

2. Bahu, leher, dan bagian atas punggung
Dalam beberapa gerakan Pilates, kita dilatih untuk memfokuskan bagian-bagian tubuh tertentu dan melakukan relaksasi pada bagian bahu, leher, dan bagian atas tubuh. Pelatih Pilates pada umumnya akan mengajak kita memposisikan bagian-bagian tersebut dalam keadaan rileks agar tidak sakit setelah latihan berakhir.

3. Sirkulasi pernapasan dan sirkulasi darah
Pilates melatih teknik pernapasan yang menekankan pada deep breathing. Latihan Pilates membantu kita mengatur pernapasan yang kemudian juga baik untuk sirukulasi darah. Dengan begini, kita dapat berolahraga, bekerja, dan bahkan tidur dengan perasaan lebih tenang.

4. Persendian
Gerakan pilates meningkatkan fleksibilitas tubuh dengan menggerakan persendian dan tulang punggung. Dengan melatih bagian persendian, gerakan-gerakan Pilates dapat mengurangi masalah di bagian hamstring, lutut, bahu, dan leher.

Leave a Reply