Diet atau olahraga merupakan pilihan yang sulit dilakukan kalo kamu nggak bisa sabar. Loh, kenapa gitu? Soalnya bagi orang-orang yang malas berolahraga namun memimpikan tubuh yang ideal, diet menjadi jalan pintas. Nggak jarang, banyak pula yang mau hasil instan. Padahal mie instan aja direbus dulu, dan tentunya kamu tau kan kalo yang serba instan itu emang enak tapi cuma sesaat nggak baik huhuhu. Diet harus mempertimbangkan kekuatan tubuh, apakah kamu memiliki penyakit tertentu dan berapa banyak takaran gizi yang kamu butuhkan. Kalo kamu melupakan pertimbangan tersebut, bisa-bisa bukannya turun berat badan tapi malah sakit! 

Sama halnya dengan olahraga, kalo kamu hanya berorientasi pada goalsnya yaitu mau cepet kurus, kemudian jadi berpikir kalo olahraga mati-matian dan nggak makan bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Padahal nggak gitu. Emang sih kelebihan berat badan juga nggak baik, obesitas bisa memicu penyakit jantung dan diabetes. Tapi kalo olahraga mati-matian terus nggak makan kan, laper banget…

Jadi Gimana, Dong?

diet atau olahragaTau nggak, tubuh itu punya mekanismenya sendiri buat mengatur kebutuhan energi kamu. Jadi kamu juga harus tanya ke dirimu sendiri, olahraga mati-matian yang kamu lakukan itu rutin atau cuma kalo lagi pengen aja? Kalo lagi pengen aja sih, ya kamu tau sendiri jawabannya. Menurunkan berat badan butuh proses yang nggak sebentar. 

Olahraga yang fokusnya buat nurunin berat badan tuh sangat memakan waktu, dan efeknya cepet banget hilang. Kenapa begitu? Karena ketika kamu rutin berolahraga, kan capek tuh. Jadi tubuh cenderung mengonsumsi jumlah kalori yang berlebih dari kebutuhan tubuh. Makanya berat badan kamu nggak turun-turun. Dengan kata lain, percuma kamu udah olahraga mati-matian tapi asupan makanan juga nggak kamu kontrol. Lebih parah lagi kalo kamu cuma olahraga mati-matiannya 3 bulan sekali, terus di rentang waktu ke sesi olahraga berikutnya kamu makan-makanan yang kalorinya sebesar rasa kangen kamu ke dia. Yaudah deh, bisa-bisa kamu melotot liat timbangan!

Harus Pilih yang Mana? Diet Atau Olahraga?

diet atau olahragaSampai di sini kamu pasti udah ngerti kan, kalo olahraga dan diet adalah dua hal yang sebaiknya disatukan. Jadi idealnya kamu terlebih dahulu harus mengatur pola makan. Pilihlah jenis-jenis makanan apa aja yang sebaiknya kamu konsumsi dan hindari. Setelah itu dikombinasikan dengan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu baru deh kamu bisa berhasil nurunin berat badan. Lagipula, olahraga nggak melulu harus yang berat kok. Kamu bisa olahraga di sela-sela pekerjaanmu yang padat, atau olahraga yang nggak perlu gunain banyak alat.

Jadi, jangan bingung lagi ya mau pilih diet atau olahraga. Asal jangan pilih dia yang rajin kecewain kamu aja!

Leave a Reply