Masa pasca melahirkan bagi banyak ibu adalah masa mengembalikan tubuh ke keadaan semula atau menjaga tubuh agar semakin fit. Namun, dengan kondisi pasca melahirkan yang berbeda-beda, mungkin para ibu takut kembali berolahraga. Tapi jangan takut, karena ada banyak aktivitas fisik yang aman bagi ibu setelah melahirkan. Kamu pun dapat memaksimalkan upaya kamu menurunkan berat badan dengan cara-cara berikut:

1.Makan makanan sehat secara konsisten

Sekalipun kamu ingin mengurangi berat badan, kamu tetap harus makan secara teratur dan mengkonsumsi makanan sehat. Nutrisi dari makanan dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan untuk memperoleh energi untuk berolahraga. Terutama pada masa menyusui, kamu membutuhkan lebih banyak kalori.

Makanan sehat yang disarankan pada masa pasca kelahiran antara lain adalah karbohidrat kompleks yang terkandung dalam ubi, quinoa, jagung, dan nasi merah. Makanan-makanan ini bernutrisi baik, serta dapat menjadi pengganti nasi dalam diet. Selain itu, kamu disarankan mengkonsumsi sayur, buah, dan lean meat seperti ikan, ayam tanpa kulit, dan daging sapi tanpa lemaknya.

 

2. Kurangi konsumsi gula

Makanan yang mengandung gula sering dikonsumsi ketika seseorang mengalami stres atau sebagai comfort food, termasuk saat kamu baru saja melahirkan. Namun gula, terutama gula rafinasi, dapat mengakibatkan berat badan naik, energi turun, dan ketidakstabilan hormon. Selain itu, gula dapat mengakibatkan ketergantungan yang tidak baik bagi tubuh.

 

3. Temukan olahraga yang tepat untukmu

Temukan olahraga pasca melahirkan (postnatal) yang baik untuk kamu. Mulai dari Yoga, Barre, hingga Pilates terdapat kelas-kelas khusus untuk ibu pasca melahirkan atau kelas postnatal. Kamu dapat juga mencari pelatih yang telah bersertifikat sebagai pelatih olahraga prenatal dan postnatal, karena pelatih-pelatih inilah yang telah berpengalaman dengan kondisi tubuh ibu sebelum dan setelah melahirkan.

Sebelum kembali melakukan olahraga pasca melahirkan, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter. Kondisi tubuh seperti pada bagian persendian dan ligamen, cenderung lebih rentan dibandingkan saat sebelum kamu melahirkan. Setelah melahirkan, kamu juga disarankan untuk melakukan tes untuk mendeteksi kondisi seperti diastasis recti (abdominal separation). Jika dokter telah mengkonfirmasi bahwa kondisimu aman untuk olahraga, kamu juga perlu kamu diskusikan kondisimu dengan pelatih olahraga.

Leave a Reply