Banyak alasan seseorang untuk nggak memulai olahraga dengan rutin. Mulai dari sulit membagi waktu, bingung dengan pilihan olahraga yang cocok, ya pokoknya kalo nggak niat pasti ada aja alasannya! Selain itu tujuan tiap individu pun berbeda, ada yang ingin membentuk otot, ada yang cuma pengen berkeringat aja, ada lagi yang ingin berolahraga dan berharap berat badannya cepat turun. Padahal berharap kan cuma bikin sakit. Huhu. Tapi bentar dulu, kalo berharapnya sama olahraga yang satu ini dijamin kamu nggak sakit justru jadi sehat. Yuk kenalan sama olahraga HIIT!

 

Apa itu Olahraga HIIT?

olahraga hiitOlahraga HIIT atau High Intensity Interval Training adalah olahraga kardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu singkat. Melakukan olahraga HIIT hanya membutuhkan waktu 20 sampai 30 menit aja. Jadi buat kamu yang kesulitan membagi waktu, HIIT bisa jadi pilihan yang cocok! Nggak ada lagi alasan untuk nggak olahraga.

Gerakan Inti HIIT untuk Pemula

olahraga hiit

Gerakan HIIT untuk pemula tidak begitu sulit. Terdapat 7 gerakan inti dalam olahraga HIIT yaitu Jumping Jack, Plank, Squat Thrust, Plank, Squat Jump, Ladder Exercise, dan Sit Up. Jangan lupa pemanasan dulu ya sebelum memulai gerakan inti tersebut agar kamu nggak cedera, terus kalo tubuhmu lagi kurang sehat kamu nggak boleh maksain buat olahraga. Inget, yang serba dipaksa itu akhirnya nggak akan baik. Iya yang ada kamu malah makin sakit!

Manfaat HIIT

olahraga hiit

Meskipun melakukan olahraga ini hanya memerlukan waktu yang sebentar, tapi efektif banget lho untuk membakar lemak dalam tubuh. Kenapa begitu? Karena intervalnya yang semakin cepat secara bergantian pada setiap gerakan, memacu kerja jantung lebih keras. Otomatis konsumsi oksigen dalam tubuh akan meningkat. Hasilnya, proses metabolisme jadi lebih cepat, membuat lemak akan lebih banyak dibakar menjadi energi.

Ditambah lagi, sebuah studi yang dipresentasikan pada Annual Meeting of the American College of Sports Medicine tahun 2007 melaporkan bahwa mereka yang melakukan HIIT berhasil membakar hampir 10 persen kalori selama 24 jam setelah latihan. Bayangin kalo kamu melakukannya dengan rutin, kamu kira-kira sendiri deh tuh berapa banyak kalori yang bisa kamu bakar jadi energi. Tertarik mencoba HIIT? Yuk segera booking kelasnya via aplikasi STRONGBEE!

Leave a Reply