Gula tambahan telah dikaitkan dengan banyak penyakit serius termasuk obesitas, diabetes, bahkan jantung. Namun nggak perlu khawatir, ada beberapa pemanis alami yang sering digunakan orang yang sadar kesehatan sebagai pengganti gula. Walaupun pemanis alami mungkin mengandung sedikit lebih banyak nutrisi daripada gula biasa, tubuh kamu masih mengolahnya dengan cara yang sama. Berikut ini adalah pemanis alami yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti gula!

Gula Kelapa

pemanis alami

gambar: healthline.com

Gula kelapa diekstraksi dari air sari pohon kelapa. Nah, gula kelapa mengandung beberapa nutrisi, termasuk zat besi, kalsium, kalium, serta antioksidan. Gula kelapa juga memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada gula biasa, sebagian karena kandungan inulinnya. Inulin adalah jenis serat yang telah terbukti memperlambat penyerapan glukosa, berdasarkan jurnal yang dipublikasikan PubMed.gov. Tapi ya memang pada dasarnya nggak ada yang sempurna, gula kelapa pun memiliki kalori yang cukup tinggi, makanya menggunakan gula kelapa juga tetap harus sesuai takarannya ya!

Madu

pemanis alami

gambar: dailymail.co.uk

Madu adalah cairan kental keemasan yang diproduksi oleh lebah madu. Madu mengandung sejumlah vitamin dan mineral, serta banyak antioksidan yang bermanfaat. Mengonsumsi madu dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah lho! Tingkat antioksidan yang tinggi dalam darah terkait dengan risiko penyakit yang lebih rendah. Sebuah studi dari International Journal of Food Sciences and Nutrition menemukan bahwa makan madu selama delapan minggu secara signifikan menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida darah pada individu dengan diabetes.

Meskipun banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa madu memiliki beberapa manfaat kesehatan yang menjanjikan, didalamnya masih mengandung fruktosa, yang dapat berkontribusi pada masalah kesehatan. Jadi intinya kalo mengonsumsinya kebanyakan ya tetep aja berbahaya. 

Molase

pemanis alami

gambar: thespruceeats.com

Molase adalah cairan coklat yang manis dengan konsistensi seperti sirup yang kental. Cairan molase terbuat dari rebusan gula tebu, mengandung beberapa vitamin dan mineral serta beberapa antioksidan. Faktanya, molase mengandung lebih tinggi antioksidan dibanding madu (PubMed.gov). Kandungan kalium dan kalsiumnya yang tinggi dapat memberi manfaat bagi kesehatan tulang dan jantung (Clinical Nutrition Research). Secara keseluruhan, molase merupakan pengganti gula halus yang bagus, tetapi nggak ada alasan untuk menambahkannya terlalu banyak ke dalam makanan kamu, karena gula ya tetep aja gula.

Jadi mulai sekarang cobain ya mulai gunakan pemanis alami yang udah disebutkan di atas. Walaupun yang lebih baik lagi sih kalo kamu bener-bener meminimalisir penggunaan gula dalam bentuk apapun, yang manis suka bikin sakit soalnya hehehe.

Leave a Reply