Jika kamu mengikuti kegiatan kebugaran, tentunya kamu pernah mendengar soal cardio atau aerobic. Cardio adalah olahraga yang penting bagi kesehatan tubuh. Walaupun semua jenis olahraga baik bagi kesehatan, olahraga berjenis cardio sering dianggap sebagai olahraga yang paling efektif untuk mencapai target kesehatan tubuh kamu!

 

Apa itu Cardio Exercise?

Cardio adalah jenis olahraga yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan, serta meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan sistem kardiovaskuler. Aerobic merupakan salah satu jenis olahraga yang merupakan bagian dari cardio. Aerobic adalah kegiatan-kegiatan yang membutuhkan oksigen cukup untuk bekerja dengan baik. Umumnya, kegiatan aerobic dilakukan dalam durasi yang lebih lama dan intensitas yang lebih rendah, namun tetap bermanfaat baik bagi sistem kardiovaskuler.

 

Olahraga apa saja yang termasuk cardio?

Olahraga cardio menekankan pada cara kita melakukan kegiatan tersebut, maka kegiatan apapun yang dilakukan dengan cukup tenaga dan intensitas untuk menaikkan detak jantung dapat dianggap cardio. HIIT, strength and endurance training, dance, boxing, Zumba, Strong Nation, dan lain-lain merupakan contoh olahraga yang dianggap cardio.

 

Seberapa sering kamu perlu melakukan cardio?

Cardio dianjurkan dilakukan selama setidaknya 150 menit per minggu untuk intensitas sedang dan setidaknya 75 menit untuk intensitas tinggi. Jadi, misalnya kamu dapat melakukan 30 menit Zumba selama 5 hari dalam seminggu atau 25 menit HIIT selama 3 kali dalam seminggu.

 

Di mana bisa mengikuti latihan cardio?

Kamu bisa mengikuti kelas-kelas cardio seperti yang disebutkan di atas. Temukan kelas-kelas olahraga terdekat atau kelas-kelas online untuk jenis olahraga yang kamu sukai.

 

Kamu bisa juga ikuti challenge Zumba 7-Days Dare dengan Christy Simarmata dari Boogar Studio! Mulai dari 15 sampai 21 November kamu akan melakukan 30 menit kelas Zumba, Zumba Toning, dan Strong Nation setiap hari selama seminggu!

Leave a Reply