Salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan fisik dan juga untuk relaksasi mental adalah yoga. Apakah kamu sudah pernah yoga sebelumnya? Mungkin kamu sudah pernah mengikuti latihan yoga di studio yoga terdekat atau melakukan yoga sendiri rumah.

Melakukan yoga online sebagai pemula

 

Jika belum, ini saat yang baik untuk mulai berlatih yoga. Dengan banyaknya kelas yoga online yang muncul di masa pandemi ini, kamu dapat mengakses kelas yoga pertamamu dengan lebih mudah. Berikut beberapa tips untuk memulai latihan yoga dari rumah.

 

1. Pastikan ada tempat yang memadai

Kesulitan yang sering dialami ketika latihan yoga di rumah adalah masalah ruang. Pastikan kamu memiliki ruang yang cukup untuk merentangkan tangan dan kakimu, karena banyak gerakan yoga yang mengharuskan kamu untuk melakukan stretching baik untuk kaki maupun tangan.

Ruang yang dibutuhkan untuk berlatih yoga idealnya adalah 2 meter persegi, atau sepanjang matras yoga jika direntangkan ke depan dan ke samping. 

 

2.  Siapkan alat-alat yang kamu butuhkan

Setiap kelas yoga membutuhkan peralatan yang berbeda. Sebelum mengikuti suatu kelas yoga online di rumah, sebaiknya kamu pastikan pada trainer atau studio yoga alat-alat apa saja yang akan kamu butuhkan untuk kelas tersebut.

Pada umumnya, kamu hanya butuh matras yoga untuk melakukan gerakan yoga di rumah. Di beberapa kelas yoga, kamu membutuhkan yoga block, strap, atau alat lainnya. Tidak perlu takut jika kamu tidak memiliki alat-alat tersebut, karena selalu ada alat alternatif yang bisa kamu gunakan. Misalnya, handuk, karpet, atau jika kamu latihan yoga di rumah, kamu bisa melakukannya di halaman, di atas rumput.

 

3. Listen to your body

Saat melakukan yoga, jangan lupa untuk perhatikan rasa nyeri atau tidak nyaman di tubuhmu. Jangan paksakan diri untuk mencoba gerakan yang terasa sulit atau gerakan challenge. Ini penting untuk menghindari cedera saat melakukan yoga sendiri di rumah. Jika kamu mengikuti kelas yoga online bersama pelatih, dengarkan cara melakukan gerakannya dengan baik dan ikuti opsi gerakan untuk pemula.

Jika terasa sakit, kamu dapat menyesuaikan gerakan, berhenti, atau konsultasikan dengan pelatihmu!

Berlatih yoga online dari rumah untuk pemula.

 

4. Pilih jenis yoga yang sesuai denganmu

Perhatikan kebutuhan dan preferensimu dalam melakukan yoga, karena ini dapat mempengaruhi pilihan yoga yang ingin kamu lakukan. Misalnya kalau kamu suka yoga dengan gerakan yang terus berlanjut (flow) dan kamu ingin lebih berkeringat, mungkin Vinyasa Flow adalah yoga yang tepat untuk kamu. Jika kamu ingin fokus ke pose-pose yoga dan cara pernapasan yoga yang baik, mungkin Hatha Yoga adalah pilihan yang lebih tepat karena pada yoga jenis ini kamu menahan pose lebih lama.

 

5. Jangan melewati pemanasan, pendinginan, atau relaksasi di Savasana

Pemanasan dan pendinginan penting untuk menghindari cedera, ini juga merupakan bagian penting untuk memastikan manfaat yoga ke tubuh kamu terima dengan baik. Selain itu, kamu juga harus benar-benar melakukan relaksasi di bagian Savasana karena ini adalah kesempatan bagi sistem syarafmu untuk menerima manfaat yoga yang sudah kamu lakukan dengan maksimal.

Lima poin tadi adalah cara melakukan yoga di rumah untuk pemula. Penasaran dengan kelas yoga online? Yuk, download aplikasi STRONGBEE dan ikutan kelas-kelas yoga bagi pemula mulai dari Rp 25.000 dan dapatkan cashback untuk tiap transaksi!

Leave a Reply